Sunday, March 20, 2011

Inspirasi Dokter Patch Adams

Saat itu aku bertemu dengan seorang teman lama, Mr. W, ia seorang film maker dan seorang petani yang ulet. Kami berdiskusi tentang banyak hal dalam waktu yang cukup lama, begadang semalam suntuk. Mr. W adalah seorang imajiner yang selalu berpatok pada realitas. Ia dapat menjadi seorang sahabat yang baik dan penuh inspirasi. Banyak hal yang kupelajari semalam suntuk itu. Dari sekian hal yang luar biasa itu, ada satu hal yang sangat menyentuh bagiku. Ia menceritakan kisah seorang dokter yang bernama; Hunter Chambell “Patch” Adams. Seorang dokter humanis kelahiran Washington pada 28 Mei 1945. Patch Adams adalah seorang revolusioner sosial, pria dengan segudang profesi. Patch adalah pendiri Gesundheit! Institute, klinik pengobatan gratis di West Virginia yang telah merawat lebih dari 15.000 orang. Patch melakukan metode pendekatan hubungan personal kepada pasien untuk membantu mereka sembuh, bukan semata pendekatan klinis yang diterapkan rumah sakit pada umumnya. Dan kisah hidupnya yang luar biasa ini telah di filmkan dengan judul PATCH ADAMS, yang diperankan oleh Robin Williams (tahun 1998 - Universal Studios).



Inspirasi yang diberikan Mr.W ini telah membuka mata hati dan pikiran saya. Akhirnya saya mulai mengeksplor PATCH ADAMS dan menjadikannya mentor pribadiku. Pencarian saya berlanjut dan banyak hal yang saya temukan. Thank God for the blessed day I passed.


Berikut beberapa kata-kata PATCH ADAMS yang mungkin bisa menginspirasikan Anda sekalian:
“Saya menemukan bahwa kesenangan sama pentingnya dengan cinta dan kehidupan.”
“Saya bebas berbicara dengan pasien, menangis bersama mereka, memijat mereka, menenangkan mereka, dan menyuntikan kegembiraan dan keasyikan dalam hidup mereka. Penampilan awal saya kadang membuat mereka terhenyak, tapi kepribadian yang ramah berhasil meluluhkan hati mereka.”
“Akhirnya, saya sadar kalau saya memiliki impian untuk memperbaiki sistem pengobatan, saya harus mengerjakannya sendiri!”
“Yang paling menyedihkan, situasi malpraktik mengingkari hak dokter untuk tidak sempurna.”
“Pasien - tentu saja semua orang -  harus tahu kalau cinta bukanlah masalah menguasai, tapi saling member dan menerima dengan bebas.”
“Sulit sekali merasa puas dengan kehidupan kecuali seseorang merasa dia telah melayani.”
“Saya takut dewasa ini kita mencetak banyak dokter, yang dengan cara yang sama, tahu ilmu kedokteran hanya sekadar praktik teknologi. Tanpa peralatan dan mesin, banyak dokter yang merasa tanpa senjata dan tidak bisa praktik, meskipun kenyamanan, empati, dan ketentraman - sangat penting dalam praktik kedokteran - tidak butuh teknologi.”
“Kami diajarkan untuk memberikan banyak tes dan prosedur. Lebih mudah melakukan tes daripada memberikan perhatian atau kenyamanan. Akibatnya, perusahaan pemasok peralatan rumah sakit dan perusahaan teknologi kedokteran menjadi miliarder di dunia kedokteran.”
“Kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.”
“Obat yang manjur dalam kehidupan: keajaiban, gizi, humor, cinta, keyakinan, alam, olahraga, masyarakat, harapan, antusiasme, istirahat, keluarga, rasa ingin tahu, kreativitas, kearifan, dan kedamaian.”

Dan masih banyak lagi!!!!!
Hidup terlalu singkat untuk hanya berpikir kecil. BERPIKIRLAH BESAR.
Carpe diem-raihlah hari ini.


Saya; rybbani, untuk hidup terbaik.
Sukses buat Anda...

No comments:

Post a Comment